Senin, 08 Oktober 2012

ilmu sosial dasar sebagai matakuliah berkehidupan bermasyarakat dan pendidikan umum



ilmu sosial dasar sebagai matakuliah berkehidupan bermasyarakat dan pendidikan umum
1.Pengertian ,Tujuan,ISD dan IPS
A.Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas dan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Dalam Arti Luas Ilmu Sosial Dasar dapat mengembangkan kesadaran manusia menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk social dalam kehidupan masyarakat serta dapat menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada manusia sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan mahluk sosial yang beradab dalam mempraktikan pengetahuan akademik dan keahliannya.



 


B.Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Adalah sebagai salah satu Mata kuliah Dasar Umum(MKDU), Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan siswa agar :
Dimana kita dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada di masyarakat.
Peka terhadap masalah – masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha – usaha menanggulanginya.
menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya, mempelajarinya, secara kritis – interdisipliner.
memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
C.Ada 3 Ilmu Pengetahuan Sosial yang masih berkaitan dengan Ilmu Sosial Dasar diantaranya :
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah
2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince )
ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
2.Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai beberapa Persamaan dan Perbedaan Antara Lain:
A.Persamaan Ilmu Sosial Dasar Dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan bahan studi untuk kepentingan program studi pendidikan / pengajaran
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosiadisiplin ilmu yang berdiri sendiri
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosia mempunyai Materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
B.Perbedaan Ilmu Sosial Dasar Dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengatuhuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
3.Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Materi Ilmu Sosial Dasar dapat saya simpulkan atas tiga golongan yaitu :
Kenyataan – kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama sama merupakan masalah sosial tertentu
Konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan – kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar (elementer) yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah – masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan – kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar